Senin, 30 Mei 2011

KENALI DIRIMU WAHAI WANITA

 wanita, salah satu perhiasan dunia yang paling indah adalah wanita shalihah.  :D


kenapa ku tulis “kenali dirimu wahai wanita” padahal ku sendiri juga wanita, karena walaupun ku wanita tapi pengetahuan tentang wanita masih sangat sedikit. Entah kenapa hari ini tab-tab di browser ku titlenya berbeda dari biasanya. apa yang ku baca berbeda, tulisan yang sering ku acuhkan, “nanti ah”… itu yang selalu ku ucapkan tiap kali ku menemukan tulisan-tulisan tentang wanita.

beberapa hari yang lalu, sepupuku datang padaku, dia seumuran denganku tapi dia sudah bersuami dan baru saja dikaruniai seorang putra yang imut. dia bertanya padaku tentang masalah wanita, mulai dari masalah KB, masalah ibu menyusui, bahkan masalah penyakit pada bagian kewanitaan. satu per satu dia menceritakan keluhannya, kata terakhir yang dia katakan… “piye sit?” (“gimana sit?”) dan aku hanya bisa menjawab dengan menggelengkan kepala saja. akhirnya, karena buku tak ada, ku pun mulai searching di internet mencari-cari jawabannya, tapi tetap saja tak kutemukan. mulai saat itu, muncul dikepalaku, apa yang ku tahu masalah wanita??

dan hari ini, ku mulai mencari tahu, membaca tulisan-tulisan tentang masalah wanita. wanita paling rentan terkena penyakit, apalagi penyakit pada bagian-bagian kewanitaan, penyakit yang bahkan dapat mengancam nyawanya. mulai dari kanker serviks atau kanker pada leher rahim (jujur penyakit ini baru ku ketahui akhir- akhir ini) , kanker payudara, kanker rahim dan penyakit-penyakit yang aku belum tahu. itu semua diawali dengan gejala-gejala dan biasanya sering ku sepelekan, ”ah itu mah biasa”. lama-lama dibiarkan bisa berakibat fatal.

yah… karena sejak duduk di bangku sekolah menengah, sekelilingku kebanyakan pria, pendidikan tentang wanita sudah tak mungkin ku dapatkan di sekolah. (bayangkan ada seminar tentang wanita di STM??? duh… heboh..) dirumah??? hari- hariku saja kebanyakan dikos, yang mayoritas penghuninya ya cewek-cewek satu sekolah denganku dan sangat jarang membicarakan masalah ginian.

itu masalah penyakit, masalah perawatan bagi wanita saja aku tak mengerti. tahu cara gunain lulur dan pegang lulur saja setelah masuk ke kosku yang sekarang, dan yang bikin malu, waktu ku bertanya pada temen kos “kamu lagi ngapain mbak?” eehh…bukannya dijawab diriku malah diketawain, dikira ku bercanda padahal nanya beneran. itu baru lulur, belum tentang facial lah… many pady lah…(apaaaa itu), masuk salon saja ku belum pernah. nah lo…

dan juga, tak ada salahnya mulai dari sekarang kita pelajari tentang penyakit itu, walau hanya penyakit-penyakit yang sering kita bilang ah…biasa, seperti keputihan, maag, anemia, nyeri haid, pramenstruasi sindrom, dan kawan-kawannya. juga tak ada salahnya juga kita pelajari tentang ibu hamil, ibu menyusui, KB,ya…walaupun belum saatnya tapi tak ada salahnya di pelajari, kali aja ketemu masalah sepertiku tiba-tiba di curhati saudara atau teman.

bagi saudara-saudaraku (wanita) jangan tirukan diriku, kenali penyakit-penyakit yang sering menyerang wanita, penyebabnya, keluhan-keluhannya, cara mencegahnya, bahkan untuk mengobatinya.

semoga tulisan ini bisa membantu menyadarkan saudara-saudaraku (wanita).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar